-->

    Social Items

SPACE IKLAN ( ADS ) CLICK HERE
aplikasi-peminjaman-barang-gratis-java-netbeans

Aplikasi Peminjaman Barang Gratis Java Netbeans - Kotlin adalah pengembangan dari java, tetapi untuk saat ini saya akan memberikan penjelasan tutorial cara membuat aplikasi peminjaman atau rental barang menggunakan Java Netbeans Swing JOptionPane.

nantikan update selanjutnya , tentang kotlin android studio from beginer to advance

View atau Hasil Jadi Program

youtube loading . . .

Source Code ada di Paling Bawah .

Berikut study case ( studi kasus contoh ) 

program aplikasi java yang akan saya buat
Sebuah Perusahaan meminta anda untuk membuat program peminjaman barang atau rental.
sebagai contoh peminjaman Truk batu bara dan Helikopter Java. :D

A. Jika Pelanggan adalah Non Member
  • Jika Alat Peminjaman adalah Truk Batu Bara maka Biaya sewa adalah Rp. 25.000,-/jam
  • Jika Alat Peminjaman adalah Helikopter maka Biaya sewa adalah  Rp. 45.000,-/jam
  • Pajak penyewaan adalah 8,5% dari total Biaya sewa dan Handling.
B. Jika Pelanggan adalah Member
  • Jika Alat Peminjaman adalah Truk Batu Bara maka Biaya sewa adalah  Rp. 45.000,-/jam
  • Jika Alat Peminjaman adalah Helikopter maka Biaya sewa adalah  Rp. 45.000,-/jam
  • Pajak penyewaan adalah 12,5% dari total Biaya sewa dan Handling.
Ketentuan lain Adalah
  • Satuan waktu yang digunakan adalah menit ( 1 Jam - 60 menit )
  • Contoh : Jika waktu penyewaan adalah 70 menit maka waktu sewa adalah 70 / 60 = 1.17 jam
  • Setiap penyewaan alat dikenakan biaya handling sebesar Rp. 1.500,-/jam.
Berdasarkan ketentuan diatas maka buatlah applikasi yang mampu menghitung total pembayaran yang harus dilakukan oleh pelanggan rental alat peminjaman.

Rumus perhitungan total pembayaran yang kita pakai .
Total Baya : (1+pajak_penyewaan)*(waktu_peminjaman * (biaya_sewa+biaya_handling))
 NB : Bagi kalian yang memilik jam terbang tinggi saya rasa sudah paham jika membaca instruksi di atas berkali-kali atau hanya sekali saja , jadi skip saja ya pembuatan flow chart nya , tetapi jika telah selesai mengerjakan dan aplikasi sobat dipergunakan, maka sebaiknya buatlah flowchartnya saran saya , mengapa ? apa hak anda menanyakan itu ? :v

Baca Juga : Kalkulator Java Netbeans Sederhana Kuliah Teknik Informatika

Langkah Awal


setelah kalian melakukan create new project, Pakailah library ini

import javax.swing.JOptionPane; // buat JOptionPane code
import java.util.Locale; //ini buat mata uang rupiah indonesia / luar negeri
import java.util.*; // bisa juga pakai ini artinya * itu semua library java util kalian pakai


Buatlah Variable yang kira-kira secara umum digunakan untuk semua method



public static void main(String[] args) { //psvm tab
//deklarasi my first out
      String jnsPelanggan=""; //untuk jenis member nanti
      int jnsP; //convert for jenis pelanggan
      
      String jnsAlat=""; //truk batu bara atau helikopter
      int jnsA;

Masih ada variable lain yang kita butuhkan, namun sebaiknya kita lanjutkan mengkoding code yang kita butuhkan atau kita perlukan terlebih dahulu, variable lain tinggal mengikuti saja, jika di perlukan

Buatlah Menu Tampilan Java


Seperti gambar berikut

aplikasi-peminjaman-barang-gratis-java-netbeans

Menggunakan code ini , lebih jelasnya lihat langkah berikutnya ;

jnsPelanggan = JOptionPane.showInputDialog(null,"Masukan Jenis Pelanggan"
                + "\n 1. Non Member "
                + "\n 2. Member","Program Peminjaman Alat Bermain", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
JOptionPane.INFORMATION_MSG.....menandakan kalau ini hanyalah informasi atau icon menu nya adalah tanda !
Silahkan ketik JOptionPane. akan muncul rpc list command dan lihatlah pasti ada berbagai macam type code ERROR_MSG , INFO_MSG , dan lain-lain.
di String kedua adalah title program output nya, sedangkan string pertama pada di atas adalah sebagai isi nya, di awal adalah component atau this, tetapi saya pakai null, karena saya tidak membuatnya.

Convert String ke Int untuk Method Input JOptionPane



jnsP = Integer.parseInt(jnsPelanggan); //jnsPelanggan adalah string code di atas kita gunakan jnsP sebagai function untuk kondisi if dalam pemilihanya

Maka , code nya seperti ini


jnsP = Integer.parseInt(jnsPelanggan);
//NON MEMBER        
        if((jnsP == 1))
        {
                   //code here
        }

Disini saya mencoba membuat non member dulu untuk member nya saya rasa sama saja , yang membedakan hanyalah penggunakan variable name pada rumus nya

Maka code nya akan terlihat seperti berikut ini



package LatihanTextPertemuan2;

import javax.swing.JOptionPane;
import java.util.Locale;
import java.util.*;
/**
 *
 * @author Yogi | @aw.yogi | scodeid.blogspot.com
 */
public class LatihanInput3 
{
//        jenis pelanggan
//        alat bermain
//        lama sewa
    
  
    public static void main(String[] args) {
      //deklarasi my first out
      String jnsPelanggan=""; //untuk jenis member nanti
      int jnsP; //convert for jenis pelanggan
      
      String jnsAlat="";
      int jnsA;
        
        jnsPelanggan = JOptionPane.showInputDialog(null,"Masukan Jenis Pelanggan"
                + "\n 1. Non Member "
                + "\n 2. Member","Program Peminjaman Alat Berat", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
//      JOptionPane.showMessageDialog(null, jnsPelanggan);
        jnsP = Integer.parseInt(jnsPelanggan);
//NON MEMBER        
        if((jnsP == 1))
        {
             //next code=
           //menu alat peminjaman java
        }
}

Membuat Menu Alat Peminjaman Java


            String jnsM;
            jnsM = "Anda Sebagai \t: Non Member" ;
            JOptionPane.showMessageDialog(null, jnsM);
            
            //converting string to int
            jnsAlat = JOptionPane.showInputDialog(null,"Masukan Jenis Alat Bermain"
                    + "\n 1. Sepeda"
                    + "\n 2. Otoped","Program Peminjaman Alat Bermain", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
            jnsA = Integer.parseInt(jnsAlat);
            
            //to choose jenis alat bermain
      // SEPEDA ===== NON MEMBER ======================================================================== 
            if((jnsA == 1))
            {
                 //code here
            }
Masukan code di atas ini , ke dalam code if sebelumnya if((jnsP == 1)).


Tambahkan Kode ini ke dalam menu alat peminjaman atau sembarang saja mau dimana , yang penting bisa di akses
sebagai contoh saya meletakan code ini, di atas code teks :

//to choose jenis alat bermain
// SEPEDA ===== NON MEMBER ========================================================================


//================MENU OPTION TIME
                    String wkt1 ="1 hours 10 minutes";
                    String wkt2 ="1 hours 20 minutes";
                    String wkt3 ="2 hours";
                    String wktManual ="Contoh Ingin Bermain 3 jam , maka inputkan ANGKA 190";

Membuat Menu Input Waktu Java

aplikasi-peminjaman-barang-gratis-java-netbeans

Gambar Menu Input Waktu Java
Masukan kode ini kedalam code if((jnsA == 1)) yang ada di atas;

                 String jnsSpd;
                jnsSpd = "Jenis Alat Pilihan \t: Sepeda" ;
                JOptionPane.showMessageDialog(null, jnsSpd);
                    
                    jam = JOptionPane.showInputDialog(null,"Masukan Nomor Pilihan Lama Bermain"
                            + "\n (1).  " +wkt1
                            + "\n (2).  " +wkt2
                            + "\n (3).  " +wkt3
                            + "\n ======================"
                                    + "\n Tidak ada di Pilihan ?"
                                    + "\n Masukan Sembarang Menit"
                                    + "\n "+wktManual
                                    + "\n"
                                            + "\n                                            (C) 2018 @aw.yogi"
                            ,"Program Peminjaman Alat Bermain", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
                    
                    //converting jam double to int untuk if
                    jamConvert = Integer.parseInt(jam);
                    if((jamConvert > 3))
                    {
                       //code next
                    }

Sebelumnya Tambahkan lagi variable jamConvert dan untuk kalkulasi perhitungan lanjutnya
Berikut code nya : ( letak code, di bawah variable umum sebelumnya )

   //========================== kalkulasi
      String jam="";
      int jamConvert;
      double lm = 0;
      double lm2 =0;
      double pajak = 0; // convert in kondisi
      double handling = 1500;

Menuju Tahap Kondisi Ketiga Java Sebagai Perhitunganya


Sebelumnya kita tambahkan beberapa variable yang kita butuhkan, tetapi kalau saya terbiasa langsung membuat rumus code nya lalu membuat variable, tetapi saya rasa sebaiknya kita mulai dari variable, karena sulit menjelaskanya jika saya langsung memberikan method rumusnya langsung, menjelaskan dengan kata-kata .

Tambahkan Kode Berikut ini , di dalam code if ((jnsP == 1)) { disini }

//================
            //ketentuan non member
            double hrgNm;
            hrgNm = 25000; //sepeda
            double hrgOt;
            hrgOt = 45000; //otoped

            String pajakNm;
            pajakNm = "8.5%"; //untuk report
            pajak = 0.085; //kalkulasi


Masukan Kode Berikut ke dalam code if((jamConvert > 3 ))

                         // i create new obj
                         //LatihanInput3 yogi;
                         //yogi = new LatihanInput3();
                         //yogi.hitung(); // run yogi method 
                         
                         
                         //report lama bermain
                         String lamaBanget;
                         lamaBanget = " Lama Bermain \t: " +jamConvert +" Menit" ;
                         JOptionPane.showMessageDialog(null, lamaBanget);
                         
                         //kalkulasi
                         lm2 = jamConvert;
                         lm = lm2/60;
                         double totalBi;
                         totalBi = (1+pajak) * (lm*(hrgNm+handling));
                         
// ini adalah output nya
                          String saYogi;
                          //code ini mengunakan library locale sebelumnya untuk konveri mata uang rupiah indonesia
                          String mataUang = String.format("Rp.%,.0f",hrgNm).replaceAll(",",".")+",00";
                          String totUang = String.format("Rp.%,.0f",totalBi).replaceAll(",",".")+",00";
                            saYogi = "Report Sewa"
                                    + "\n ===================="
                                    + "\n 1. " +jnsM
                                    + "\n 2. " +jnsSpd
                                    + "\n 3. " +lamaBanget
                                    + "\n ===================="
                                    + "\n Biaya Sewa : " +mataUang
                                    + "\n Pajak : " +pajakNm
                                    + "\n ===================="
                                    + "\n Total Biaya : " +totUang;
                            JOptionPane.showMessageDialog(null, saYogi,"Program Peminjaman Alat Bermain", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
                            
                            //method to sls
                            //LatihanInput3 terAkhir;
                            //terAkhir = new LatihanInput3();
                            //terAkhir.selesai();


Jangan lupa tambahkan code else jika inputan selain yang ada di menu
disini saya mengunakan method baru yang saya beri nama errorIn.
mudah saja
letkana kode berikut di bawah blok code public static void main(String[] args) { } disini

public void errorIn()
    {
    String errorIn = "Silahkan Inputkan Data Dengan Benar";
    JOptionPane.showMessageDialog(null,errorIn,"ERROR",JOptionPane.ERROR_MESSAGE);
    }

Code akan tampak seperti ini


public class LatihanInput3 
{

  public static void main(String[] args) 
  { 
    //code
  }
  public void errorIn()
    {
       String errorIn = "Silahkan Inputkan Data Dengan Benar";
       JOptionPane.showMessageDialog(null,errorIn,"ERROR",JOptionPane.ERROR_MESSAGE);
    }
}


Cara memanggil method di atas , dengan membuat object baru
seperti contoh berikut


else
        {
            LatihanInput3 keSalah;
            keSalah = new LatihanInput3();
            keSalah.errorIn();
        }

Membuat Notifikasi Keluar Program Yes or No Java Method

aplikasi-peminjaman-barang-gratis-java-netbeans



public void selesai()
    {
        int jawab = JOptionPane.showOptionDialog(null,
                "Ingin Keluar ?",
                        "Keluar",
                        JOptionPane.YES_NO_OPTION,
                        JOptionPane.QUESTION_MESSAGE,null,null,null);
        
        if(jawab == JOptionPane.YES_OPTION)
        {
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Program akan kelar");
            System.exit(0);
        }
    }

Selesai , coba jalankan Program


Untuk Tahap selanjutnya dalam pemilihan member , dan pemilihanya sama saja .
code di atas hanya untuk pemilihan non member -> sepeda alias helikopter -> masukan secara manual waktu bermain alias waktu peminjaman -> output total pembayaran

View Souce Code : Like and Subscribe

yotube loading . . . | Github Link di deksripsi


Write By Yogi Arif Widodo | SCODEID
Coba juga Apps Android Java and Kotlin Combine saya di playstore : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.scode.yochat
Thanks for
java

Aplikasi Peminjaman Barang Gratis Java Netbeans

aplikasi-peminjaman-barang-gratis-java-netbeans

Aplikasi Peminjaman Barang Gratis Java Netbeans - Kotlin adalah pengembangan dari java, tetapi untuk saat ini saya akan memberikan penjelasan tutorial cara membuat aplikasi peminjaman atau rental barang menggunakan Java Netbeans Swing JOptionPane.

nantikan update selanjutnya , tentang kotlin android studio from beginer to advance

View atau Hasil Jadi Program

youtube loading . . .

Source Code ada di Paling Bawah .

Berikut study case ( studi kasus contoh ) 

program aplikasi java yang akan saya buat
Sebuah Perusahaan meminta anda untuk membuat program peminjaman barang atau rental.
sebagai contoh peminjaman Truk batu bara dan Helikopter Java. :D

A. Jika Pelanggan adalah Non Member
  • Jika Alat Peminjaman adalah Truk Batu Bara maka Biaya sewa adalah Rp. 25.000,-/jam
  • Jika Alat Peminjaman adalah Helikopter maka Biaya sewa adalah  Rp. 45.000,-/jam
  • Pajak penyewaan adalah 8,5% dari total Biaya sewa dan Handling.
B. Jika Pelanggan adalah Member
  • Jika Alat Peminjaman adalah Truk Batu Bara maka Biaya sewa adalah  Rp. 45.000,-/jam
  • Jika Alat Peminjaman adalah Helikopter maka Biaya sewa adalah  Rp. 45.000,-/jam
  • Pajak penyewaan adalah 12,5% dari total Biaya sewa dan Handling.
Ketentuan lain Adalah
  • Satuan waktu yang digunakan adalah menit ( 1 Jam - 60 menit )
  • Contoh : Jika waktu penyewaan adalah 70 menit maka waktu sewa adalah 70 / 60 = 1.17 jam
  • Setiap penyewaan alat dikenakan biaya handling sebesar Rp. 1.500,-/jam.
Berdasarkan ketentuan diatas maka buatlah applikasi yang mampu menghitung total pembayaran yang harus dilakukan oleh pelanggan rental alat peminjaman.

Rumus perhitungan total pembayaran yang kita pakai .
Total Baya : (1+pajak_penyewaan)*(waktu_peminjaman * (biaya_sewa+biaya_handling))
 NB : Bagi kalian yang memilik jam terbang tinggi saya rasa sudah paham jika membaca instruksi di atas berkali-kali atau hanya sekali saja , jadi skip saja ya pembuatan flow chart nya , tetapi jika telah selesai mengerjakan dan aplikasi sobat dipergunakan, maka sebaiknya buatlah flowchartnya saran saya , mengapa ? apa hak anda menanyakan itu ? :v

Baca Juga : Kalkulator Java Netbeans Sederhana Kuliah Teknik Informatika

Langkah Awal


setelah kalian melakukan create new project, Pakailah library ini

import javax.swing.JOptionPane; // buat JOptionPane code
import java.util.Locale; //ini buat mata uang rupiah indonesia / luar negeri
import java.util.*; // bisa juga pakai ini artinya * itu semua library java util kalian pakai


Buatlah Variable yang kira-kira secara umum digunakan untuk semua method



public static void main(String[] args) { //psvm tab
//deklarasi my first out
      String jnsPelanggan=""; //untuk jenis member nanti
      int jnsP; //convert for jenis pelanggan
      
      String jnsAlat=""; //truk batu bara atau helikopter
      int jnsA;

Masih ada variable lain yang kita butuhkan, namun sebaiknya kita lanjutkan mengkoding code yang kita butuhkan atau kita perlukan terlebih dahulu, variable lain tinggal mengikuti saja, jika di perlukan

Buatlah Menu Tampilan Java


Seperti gambar berikut

aplikasi-peminjaman-barang-gratis-java-netbeans

Menggunakan code ini , lebih jelasnya lihat langkah berikutnya ;

jnsPelanggan = JOptionPane.showInputDialog(null,"Masukan Jenis Pelanggan"
                + "\n 1. Non Member "
                + "\n 2. Member","Program Peminjaman Alat Bermain", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
JOptionPane.INFORMATION_MSG.....menandakan kalau ini hanyalah informasi atau icon menu nya adalah tanda !
Silahkan ketik JOptionPane. akan muncul rpc list command dan lihatlah pasti ada berbagai macam type code ERROR_MSG , INFO_MSG , dan lain-lain.
di String kedua adalah title program output nya, sedangkan string pertama pada di atas adalah sebagai isi nya, di awal adalah component atau this, tetapi saya pakai null, karena saya tidak membuatnya.

Convert String ke Int untuk Method Input JOptionPane



jnsP = Integer.parseInt(jnsPelanggan); //jnsPelanggan adalah string code di atas kita gunakan jnsP sebagai function untuk kondisi if dalam pemilihanya

Maka , code nya seperti ini


jnsP = Integer.parseInt(jnsPelanggan);
//NON MEMBER        
        if((jnsP == 1))
        {
                   //code here
        }

Disini saya mencoba membuat non member dulu untuk member nya saya rasa sama saja , yang membedakan hanyalah penggunakan variable name pada rumus nya

Maka code nya akan terlihat seperti berikut ini



package LatihanTextPertemuan2;

import javax.swing.JOptionPane;
import java.util.Locale;
import java.util.*;
/**
 *
 * @author Yogi | @aw.yogi | scodeid.blogspot.com
 */
public class LatihanInput3 
{
//        jenis pelanggan
//        alat bermain
//        lama sewa
    
  
    public static void main(String[] args) {
      //deklarasi my first out
      String jnsPelanggan=""; //untuk jenis member nanti
      int jnsP; //convert for jenis pelanggan
      
      String jnsAlat="";
      int jnsA;
        
        jnsPelanggan = JOptionPane.showInputDialog(null,"Masukan Jenis Pelanggan"
                + "\n 1. Non Member "
                + "\n 2. Member","Program Peminjaman Alat Berat", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
//      JOptionPane.showMessageDialog(null, jnsPelanggan);
        jnsP = Integer.parseInt(jnsPelanggan);
//NON MEMBER        
        if((jnsP == 1))
        {
             //next code=
           //menu alat peminjaman java
        }
}

Membuat Menu Alat Peminjaman Java


            String jnsM;
            jnsM = "Anda Sebagai \t: Non Member" ;
            JOptionPane.showMessageDialog(null, jnsM);
            
            //converting string to int
            jnsAlat = JOptionPane.showInputDialog(null,"Masukan Jenis Alat Bermain"
                    + "\n 1. Sepeda"
                    + "\n 2. Otoped","Program Peminjaman Alat Bermain", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
            jnsA = Integer.parseInt(jnsAlat);
            
            //to choose jenis alat bermain
      // SEPEDA ===== NON MEMBER ======================================================================== 
            if((jnsA == 1))
            {
                 //code here
            }
Masukan code di atas ini , ke dalam code if sebelumnya if((jnsP == 1)).


Tambahkan Kode ini ke dalam menu alat peminjaman atau sembarang saja mau dimana , yang penting bisa di akses
sebagai contoh saya meletakan code ini, di atas code teks :

//to choose jenis alat bermain
// SEPEDA ===== NON MEMBER ========================================================================


//================MENU OPTION TIME
                    String wkt1 ="1 hours 10 minutes";
                    String wkt2 ="1 hours 20 minutes";
                    String wkt3 ="2 hours";
                    String wktManual ="Contoh Ingin Bermain 3 jam , maka inputkan ANGKA 190";

Membuat Menu Input Waktu Java

aplikasi-peminjaman-barang-gratis-java-netbeans

Gambar Menu Input Waktu Java
Masukan kode ini kedalam code if((jnsA == 1)) yang ada di atas;

                 String jnsSpd;
                jnsSpd = "Jenis Alat Pilihan \t: Sepeda" ;
                JOptionPane.showMessageDialog(null, jnsSpd);
                    
                    jam = JOptionPane.showInputDialog(null,"Masukan Nomor Pilihan Lama Bermain"
                            + "\n (1).  " +wkt1
                            + "\n (2).  " +wkt2
                            + "\n (3).  " +wkt3
                            + "\n ======================"
                                    + "\n Tidak ada di Pilihan ?"
                                    + "\n Masukan Sembarang Menit"
                                    + "\n "+wktManual
                                    + "\n"
                                            + "\n                                            (C) 2018 @aw.yogi"
                            ,"Program Peminjaman Alat Bermain", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
                    
                    //converting jam double to int untuk if
                    jamConvert = Integer.parseInt(jam);
                    if((jamConvert > 3))
                    {
                       //code next
                    }

Sebelumnya Tambahkan lagi variable jamConvert dan untuk kalkulasi perhitungan lanjutnya
Berikut code nya : ( letak code, di bawah variable umum sebelumnya )

   //========================== kalkulasi
      String jam="";
      int jamConvert;
      double lm = 0;
      double lm2 =0;
      double pajak = 0; // convert in kondisi
      double handling = 1500;

Menuju Tahap Kondisi Ketiga Java Sebagai Perhitunganya


Sebelumnya kita tambahkan beberapa variable yang kita butuhkan, tetapi kalau saya terbiasa langsung membuat rumus code nya lalu membuat variable, tetapi saya rasa sebaiknya kita mulai dari variable, karena sulit menjelaskanya jika saya langsung memberikan method rumusnya langsung, menjelaskan dengan kata-kata .

Tambahkan Kode Berikut ini , di dalam code if ((jnsP == 1)) { disini }

//================
            //ketentuan non member
            double hrgNm;
            hrgNm = 25000; //sepeda
            double hrgOt;
            hrgOt = 45000; //otoped

            String pajakNm;
            pajakNm = "8.5%"; //untuk report
            pajak = 0.085; //kalkulasi


Masukan Kode Berikut ke dalam code if((jamConvert > 3 ))

                         // i create new obj
                         //LatihanInput3 yogi;
                         //yogi = new LatihanInput3();
                         //yogi.hitung(); // run yogi method 
                         
                         
                         //report lama bermain
                         String lamaBanget;
                         lamaBanget = " Lama Bermain \t: " +jamConvert +" Menit" ;
                         JOptionPane.showMessageDialog(null, lamaBanget);
                         
                         //kalkulasi
                         lm2 = jamConvert;
                         lm = lm2/60;
                         double totalBi;
                         totalBi = (1+pajak) * (lm*(hrgNm+handling));
                         
// ini adalah output nya
                          String saYogi;
                          //code ini mengunakan library locale sebelumnya untuk konveri mata uang rupiah indonesia
                          String mataUang = String.format("Rp.%,.0f",hrgNm).replaceAll(",",".")+",00";
                          String totUang = String.format("Rp.%,.0f",totalBi).replaceAll(",",".")+",00";
                            saYogi = "Report Sewa"
                                    + "\n ===================="
                                    + "\n 1. " +jnsM
                                    + "\n 2. " +jnsSpd
                                    + "\n 3. " +lamaBanget
                                    + "\n ===================="
                                    + "\n Biaya Sewa : " +mataUang
                                    + "\n Pajak : " +pajakNm
                                    + "\n ===================="
                                    + "\n Total Biaya : " +totUang;
                            JOptionPane.showMessageDialog(null, saYogi,"Program Peminjaman Alat Bermain", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
                            
                            //method to sls
                            //LatihanInput3 terAkhir;
                            //terAkhir = new LatihanInput3();
                            //terAkhir.selesai();


Jangan lupa tambahkan code else jika inputan selain yang ada di menu
disini saya mengunakan method baru yang saya beri nama errorIn.
mudah saja
letkana kode berikut di bawah blok code public static void main(String[] args) { } disini

public void errorIn()
    {
    String errorIn = "Silahkan Inputkan Data Dengan Benar";
    JOptionPane.showMessageDialog(null,errorIn,"ERROR",JOptionPane.ERROR_MESSAGE);
    }

Code akan tampak seperti ini


public class LatihanInput3 
{

  public static void main(String[] args) 
  { 
    //code
  }
  public void errorIn()
    {
       String errorIn = "Silahkan Inputkan Data Dengan Benar";
       JOptionPane.showMessageDialog(null,errorIn,"ERROR",JOptionPane.ERROR_MESSAGE);
    }
}


Cara memanggil method di atas , dengan membuat object baru
seperti contoh berikut


else
        {
            LatihanInput3 keSalah;
            keSalah = new LatihanInput3();
            keSalah.errorIn();
        }

Membuat Notifikasi Keluar Program Yes or No Java Method

aplikasi-peminjaman-barang-gratis-java-netbeans



public void selesai()
    {
        int jawab = JOptionPane.showOptionDialog(null,
                "Ingin Keluar ?",
                        "Keluar",
                        JOptionPane.YES_NO_OPTION,
                        JOptionPane.QUESTION_MESSAGE,null,null,null);
        
        if(jawab == JOptionPane.YES_OPTION)
        {
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Program akan kelar");
            System.exit(0);
        }
    }

Selesai , coba jalankan Program


Untuk Tahap selanjutnya dalam pemilihan member , dan pemilihanya sama saja .
code di atas hanya untuk pemilihan non member -> sepeda alias helikopter -> masukan secara manual waktu bermain alias waktu peminjaman -> output total pembayaran

View Souce Code : Like and Subscribe

yotube loading . . . | Github Link di deksripsi


Write By Yogi Arif Widodo | SCODEID
Coba juga Apps Android Java and Kotlin Combine saya di playstore : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.scode.yochat
Thanks for
java
Load Comments

Subscribe Our Newsletter